Senin, 19 Maret 2012

Bursa Efek Dunia

Bursa efek atau bursa saham adalah sebuah pasar yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan efek perusahaan yang sudah terdaftar di bursa itu. Bursa efek tersebut, bersama-sama dengan pasar uang merupakan sumber utama permodalan eksternal bagi perusahaan dan pemerintah.
BURSA UTAMA DI DUNIA YAITU SEPERTI :
1. BURSA EFEK NEW YORK
Bursa Saham New York (NYSE) adalah salah satu bursa saham terbesar di dunia. Ia terletak di New York City, New York, Amerika Serikat. Sekitar 2.800 perusahaan mencatatkan sahamnya di NYSE. Harga saham-saham di NYSE mencapai US$15 triliun dalam kapitalisasi pasar global. Hingga Juli 2004, seluruh dari 30 perusahaan di Dow Jones Industrial Average dicatat juga di NYSE, kecuali Intel and Microsoft.
2. EURONEXT
Euronext N.V. adalah sebuah bursa saham pan-Eropa dengan anak-anak perusahaan di Belgia, Perancis, Belanda, Portugal, dan Britania Raya. Sebagai tambahan pasar ekuitas dan derivatif, grup Euronext menyediakan jasa kliring dan informasi. Euronext dibentuk pada 22 September 2000 dalam sebuah penggabungan bursa Saham Amsterdam, Brusel, dan Paris, dalam rangka mengambil keuntungan dari harmonisasi pasar finansial Uni Eropa. Pada 2002 grup ini bergabung dengan bursa saham Portugal BVLP dan futures and options exchange yang berbasis di London LIFFE. Euronext liffe adalah anak perusahaan Euronext yang bertanggung jawab atas perdagangan option dan kontrak masa depan, yang dibentuk oleh penggabungan aktivitas derivatif dari Euronext dengan LIFFE.

1 komentar: